Penerapan Model Course Review Horay Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Ngemplak Kidul Pati

ANGGRAENI, RIKA (2015) Penerapan Model Course Review Horay Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Ngemplak Kidul Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (533kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (290kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dan menemukan peningkatan keterampilan membaca pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun, mendiskripsikan keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa melalui model pembelajaran Course Review Horay pada siswa kelas IV SDN 02 Ngemplak Kidul. Keterampilan membaca pantun merupakan keterampilan siswa dalam mengapresiasikan karya sastra pantun secara berbalas. Course review horay adalah suatu strategi pembelajaran yang menyenangkan, karena siswa diajak untuk bermain sambil belajar untuk menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan secara menarik dari guru. Model pembelajaran ini memiliki keunggulan yaitu membuat siswa semangat dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktifitas siswa, tes performance dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai keterampilan membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pantun yaitu siklus I (71%) dan siklus II (88%), didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru dengan penerapan model course review horay juga mengalami peningkatan pada siklus I 65% (tinggi) menjadi 92% (sangat tinggi) pada siklus II dan didukung dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 77,3% menjadi 80% pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca pada materi pantun kelas IV SDN 02 Ngemplak Kidul, Margoyoso Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Ngemplak Kidul Margoyoso Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model course review horay dapat meningkatkan keterampilan membaca pada materi pantun kelas IV SDN 02 Ngemplak Kidul Margoyoso Pati. Untuk itu disarankan dalam penerapkan model course review horay, guru hendaknya mengarahkan siswa agar dapat berkreasi membuat yel-yel sehingga menambah semangat dalam membaca pantun dan memahami materi pantun.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Course Review Horay, Keterampilan Membaca Pantun.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:40
Last Modified: 25 Jun 2016 06:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item