Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Bagi Siswa Kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Nisa’, Mifrohun (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Bagi Siswa Kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
halaman_depan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (55kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan wawancara dengan konselor, diperoleh sebagian siswa kelas VII A memiliki kemampuan mengemukakan pendapat rendah, seperti setiap kali siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan menyatakan pendapat, sebagian besar para siswa tidak berani bertanya sekalipun belum mengerti materi pelajaran yang diberikan oleh guru, siswa lebih cenderung untuk diam. Maka untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa perlu diberi layanan bimbingan kelompok. Cara ini dipandang tepat karena melalui bimbingan kelompok siswa dapat berlatih berdiskusi dan belajar mengemukakan pendapatnya serta bertukar pikiran antar anggota kelompok dengan melalui pembahasan topik-topik tertentu yang mengandung permasalahan aktual dan menjadi perhatian anggota kelompok Permasalahan yang diteliti: “Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat bagi siswa kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan faktor penyebab ketidakberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, 2) Mendiskripsikan seberapa besar peningkatan siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat. Kegunaan Penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang ada ‎sehingga ‎memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di ‎sekolah khususnya dalam ‎bidang bimbingan dan konseling. Dan kegunaan praktis: 1 Bagi kepala sekolah, untuk mendukung agar pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat efektif serta terprogram dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. 2 Bagi guru pembimbing, dapat digunakan sebagai pegangan atau pedoman layanan bimbingan kelompok dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat. 3 Bagi guru, memberikan pemahaman akan kemampuan atau potensi yang dimiliki masing-masing siswa, sehingga guru dapat memberikan materi pelajaran dengan lebih baik, sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa. 4 Bagi siswa, dapat mengetahui arti pentingnya bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah pribadi terutama masalah belajar yang dialami oleh siswa dan bimbingan kelompok dapat menumbuhkan kemampuan berfikirnya sehingga siswa berani mengembangkan kreatifitas berfikir, mengeluarkan berbagai ide atau pendapat dengan penuh tanggung jawab. Ruang lingkup penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Bagi Siswa Kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun 2011/2012. Hipotesis tindakan yang diajukan “melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Subjek penelitian ini siswa kelas VII A, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kemampuan mengemukakan pendapat rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitaif. Penelitian ini PTBK dengan pelaksanaan penelitian ‎ 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap I siklus 4 kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 meni.‎. Variabel penelitian ini adalah variable X (bimbingan ‎kelompok) dan variabel Y (kemampuan menemukakan pendapat). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan hasil rata-rata 35% dan masuk dalam kategori kurang. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I dengan 4 kali pertemuan kemampuan mengemukakan pendapat dengan hasil rata-rata 60,5% dan pada siklus II dengan 4 kali pertemuan mendapat hasil rata-rata 88% dan masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga kemampuan mengemukakan pendapat siswa dari kondisi awal dan setelah diberikan tindakan siklus I dan siklus II dari 35% menjadi 88% mengalami peningkatan 53%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan ‎kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat bagi siswa kelas VII A MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada: 1. Kepala sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi agar pelaksanaan layanan bimbingan kelompok bisa efektif serta terprogram dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. 2.Kepada Guru, membantu siswa supaya siswa dapat mengaktualisasikan dirinya secara positif dengan cara memberikan stimulus-stimulus, pertanyaan-pertanyaan dan kuis ketika proses pembelajaran agar siswa termotivasi untuk mengemukakan pendapatnya. 3.Kepada guru pembimbing dapat melaksanakan tugas, peran, dan fungsi secara professional sehingga dapat membantu siswa dalam mengubah perilakunya menjadi positif melalui penyelenggaraan bimbingan dan konseling sehingga siswa dapat memahami, mencegah dan mengentaskan masalah dirinya melalui bimbingan kelompok. 4. Kepada siswa, hendaknya agar dapat mengikuti layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan dirinya sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam berpendapat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sukiman, M.Pd., 2. Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2012 06:18
Last Modified: 03 Dec 2012 06:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item