Dartutik, Rina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Team-Assisted- Individualization Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd 1 Loram Kulon Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (447kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (164kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model Teams-Assisted-Individualization untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan keterampilan pantun pada siswa kelas IV di SD 1 Loram Kulon. Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui kata-kata/bahasa tulis. Proses tersebut melalui membaca pantun. Model Teams-Assisted-Individualization adalah suatu model pembelajaran yang didalamnya terdapat serangkaian aktifitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Loram Kulon Kudus dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Teams-Assisted-Individualization dan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca pantun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes, lembar observasi dan pedoman wawancara. teknik analisi data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan membaca pantun cukup signifikan antara siklus I 71,42% dan siklus II 75,8% , aktivitas siswa siklus I 36,66, dan siklus II 37,62 keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 16,04, dan siklus II 16,45. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Teams-Assisted-Individualization dapat meningkatkan keterampilan membaca pantun kelas IV SD 1 Loram Kulon Kudus. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams-assisted-individualization dapat meningkatkan keterampilan membaca pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Loram Kulon Jati Kudus. Terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata skor keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan membaca pantun siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Drs. Moh. kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Pembelajaran, Keterampilan membaca pantun, model pembelajaran teams-assisted-individualization |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 01 Jul 2016 08:49 |
Last Modified: | 01 Jul 2016 08:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5557 |
Actions (login required)
View Item |