Indrasari, Risma (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Ips Materi Keterkaitan Kenampakan Alam Dengan Sosial Dan Budaya. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (350kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (111kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan Model Pembelajaransnowball Throwing Dalammeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS Materiketerkaitankenampakanalam, Sosialdanbudayakelas IV SD Karanganyar 2. Aktivitasbelajarsiswaadalahberbagaiaktivitas Yang Diberikanuntuksiswapadasaatproses Pembelajaranberlangsung. Hasilbelajaradalahperubahan Yang Terjadipadadirisiswadarihasilkegiatanbelajar IPS Yang Telahdilakukan.Kajianmaterinyaadalahkenampakanalamyaituberbagai Bentuk Muka Bumi Yang Terjadi Secara Alamiah.Snowball Throwingadalah Model Pembelajaran Yang Menggunakansegumpalan Bola Saljudilemparkandenganmaksudmemberikanpertanyaanuntukteman Yang Lainnya. Penelitiantindakankelas (PTK) Terdiridari 2 Siklus,Masing-Masingtiapsiklusadalah2 Pertemuan.Setiapsiklusterdiridari 4 Tahapanyaituperencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Danrefleksi.Subjekpenelitianiniadalah 20 Siswakelas IV SD Karanganyar 2 Demak.Teknikpengumpulan Data Yang Digunakanialahobservasi, Wawancara, Dokumentasidantes.Instrumen Yang Digunakanberupa, Lembarpengamatanaktivitassiswa, Tespilihanganda, Danlembarpedomanwawancara.Sedangkananalisis Data Yang Digunakanadalahanalisiskuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukanpeningkatanaktivitassiswasiklus I Yaitudenganpersentasesebesar 73,03% Dengankriteriabaikdanmeningkatpadasiklus II Denganpersentasesebesar79,01%Dengankriteriabaik. Dan Hasilbelajar IPS Siswapadamaterikenampakanalam Yang Signifikanyaitupadaranahkognitifsiklus I (60%) Siklus II Menjadi (85%), Ranahafektifsiklus I (72,62%) Menjadi (76,5%) Padasiklus II, Ranahpsikomotoriksiklus I (74,46%) Menjadi (80.09% Padasiklus II. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukanpadakelas IV SD Karanganyar 2 Demakdapatdisimpulkanbahwapenggunaan Model Cooperative Tipesnowball Throwing Dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPS Materiketerkaitankenampakanalamdengansosialdanbudayakelas IV.Penelitimenyarankandalampembelajaranmenggunakan Model Pembelajaransnowball Throwing Adalahdenganmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | : Aktivitasbelajar, Snowball Throwing, Kenampakanalam |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 Jul 2016 05:38 |
Last Modified: | 02 Jul 2016 05:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5580 |
Actions (login required)
View Item |