Sumarwiyah, - and Kusmanto, Agung Slamet (2012) Peningkatan Ketrampilan Persiapan Praktek Pengalaman Lapangan melalui Pelatihan Bimbingan Klasikal. [Experiment] (Unpublished)
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Hal. Sampul)
Hal_Sampul.pdf - Accepted Version Download (33kB) |
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB___V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (96kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran_Penelitian.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling dalam Program Praktik Pengalaman Lapangan. Dalam praktek Pengalaman lapangan mahasiswa melaksanakan beberapa kegiatan layanan bimbingan dan konseling , melalui pelatihan bimbingan klasikal diharapkan dapat memersiapkan mahasiswa dalam PPL. Rumusan permasalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana perang pelatihan bimbingan klasikal dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam persiapan Praktik Pengalaman Lapangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan layanan bimbingan dan konseling melalui pelatihan bimbingan klasikal. Manfaat penelitian diharapkan; Teoretis menambah khasanah ilmu khususnya dalam bidang penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling. Secara Praktis; 1). Memberi bekal kepada mahasiswa agar dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling secara benar, 2). Mempersiapkan mahasiswa PPL, 3). Menambah keterampilan dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa smester V prodi BK Tahun 2011 Sebanyak 15 Mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian : Prasiklus: hasil Observasi indicator pelaksanaan diperoleh skor rata-rata 1,74 atau kategori rendah dan struktur materi bimbingan diperoleh rata-rata skor 1,95 kategori rendah. Siklus I : hasil observasi tindakan I pada table : 3 sudah ada peningkatan indicator pelaksanaan diperoleh skor rata-rata 3,0 atau dalam kategori sedang dan struktur materi bimbingan diperoleh rata-rata 2,8 rendah cenderung sedang. Siklus II : hasil observasi tindakan II pada table : 5 sudah ada peningkatan indicator pelaksanaan diperoleh rata- rata skor 4,1 6 atau kategori tinggi dan pada struktur materi bimbingan diperoleh rata-rata skorn 4,1 atau kategori tinggi. Dari hasil observasi tindakan III pada table : 7 sudah ada peningkatan indicator pelaksanaan diperoleh rata- rata skor 4,5 atau kategori tinggi dan pada struktur materi bimbingan diperoleh rata-rata skorn 4,7 atau kategori tinggi pada mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling semester V Tahun 2011 setelah diberikan tindakan III mahasiswa dapat mempraktekkan keterampilan pada indicator pelaksanaan dan dapat mempraktekkan keterampilan dalam struktur layanan bimbingan : Pengantar yang membicarakan seputar tipik permasalahan, pengertian topic permasalahan, dilanjutkan dengan factor-faktor yang mempengaruhi permasalahan yang sedang dibahas, kemudian cirri-cirinya apa? Mungkin dampak yang ditimbulkan , dan sebagai treatment adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh konselor untuk meningkatkan, mengatasi atau mengantisipasi atau mencegah
Item Type: | Experiment |
---|---|
Kata Kunci: | Keterampilan PPL, Bimbingan Klasikal |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan/ pelatihan guru di perguruan tinggi |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 12 Dec 2012 05:38 |
Last Modified: | 12 Dec 2012 05:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/567 |
Actions (login required)
View Item |