Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Snowball Throwing Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus

RINI, INTAN OCTAVA (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Snowball Throwing Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (582kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa untuk mencapai tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar yang terkait beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan melalui pembelajaran kelompok dan permainan sehingga siswanya aktif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 4 Jekulo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggrat, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa yang teridri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS ranah kognitif siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (51,7%), dan siklus II (79,3%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 53,4% (kurang) menjadi 72,5% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 61,7% (cukup) menjadi 77,4% (baik) siklus II. Penerapan menggunakan pembelajaran model snowball throwing juga mengalami peningkatan pada siklus I 80% (sangat baik) menjadi 90% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Saran untuk guru yaitu hendaknya menggunakan model snowball throwing sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran, siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, sekolah hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.  

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Ika Oktavianti, M.Pd.,
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Snowball Throwing.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:51
Last Modified: 27 Jul 2016 03:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item