MAS’UDAH, RIZA (2016) Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota Dan Propinsi Kelas Iv Sd 1 Jepang Mejobo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (613kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (187kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model Example Non Example dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Propinsi Kelas IV di SD 1 Jepang. Hasil belajar merupakan perubahan prilakudari beberapa aspek yang terjadi pada siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Example Non Example merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian materi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa materi Sistem pemerintahan kabupaten, kota dan propinsi kelas IV SD 1 Jepang mejobo. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jepang Mejobo dengan subyek peneliti 19 siswa. penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Example Non Example. sedangkan variabel terikatnya adalah pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Keterampilan guru siklus 1 memperoleh skor rata-rata 84,4 dengan kategori sangat baik, meningkat menjadi 94,8 % dengan kriteria sangata baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase rata-rata 72,37%, meningkat menjadi 88.74% pda sikus II. (3) Hasil belajar siswa pra siklus memperoleh nilai rata-rata 68 dengan persentase ketuntasan klasikal 42,1%, menurun menjadi menjadi 67,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 53% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 80 dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD 1 Jepang Mejobo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing : Drs. Masturi, MM |
Kata Kunci: | Hasil Belajar PKn, Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Propinsi, Example Non Example |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 01:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 01:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5770 |
Actions (login required)
View Item |