Peningkatkan Pemahaman Masa Pubertas Melaluilayanan Informasi Dengan Teknik Modelling Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Nasional Pati Tahunpelajaran2014/2015

Astutik, Nining (2015) Peningkatkan Pemahaman Masa Pubertas Melaluilayanan Informasi Dengan Teknik Modelling Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Nasional Pati Tahunpelajaran2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (437kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan tindakan peneliti dalam Layanan Informasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan pemahaman masa pubertas siswa, dan mendiskripsikan seberapa besar peningkatan pemahaman masa pubertassebelum dan sesudah diberikantreatment melalui layanan informasi dengan teknik modeling pada siswa kelas XI IPA I SMA Nasional Pati Tahun pelajaran 2014/2015. Kajian pustakanya adalah pemahaman masa pubertas dan layanan informasi dengan teknik modeling. Pemahaman masa pubertas adalah perubahan fisik remaja yang mulai nampak ketika anak mulai masuk awal remaja sebagai bagian pertama dalam masa remaja secara keseluruhan perubahan fisik. Layanan informasi teknik modeling adalah pemberian wawasan melalui komponen dari suatu strategidengan menyediakan demonstrasi tentang tingkah laku yang menjadi tujuan. Hipoteis penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman masa pubertas dengan melalui layanan informasi teknik modeling pada siswa kelas XI IPA I SMA Nasional Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTBK) yangdianalisis secara kwalitatif diskriptif yaitu membandingkan antara siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan.Setiap siklus dilakukan dengan 4 tahapan: tahap perencanaan,tindakan,observasi, danrefleksi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Penelitian dilakukan 2 siklus (silkus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan, membahas 3 materi dengan alokasi waktu yang digunakan adalah 45 menit setiap pertemuan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I SMA Nasional Pati, sebanyak 27 siswa.. Metode pengumpulan data pokok observasi, metode pendukung adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi terhadap aktivitas peneliti dalam meningkatkan pemahaman masa pubertas siswa, pada siklus I diperoleh hasil skor rata-rata 42,3 / 53% dalam kategori kurang. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 60 / 75 % dalam kategori sangat baik, terjadipeningkatan antara siklus I dan II sebesar 17,7. Pada pemahaman masa pubertas siswa melalui layanan informasi teknik modeling terjadi peningkatan, terbukti pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 18 (36%) dalam kategori kurang, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 23 (46%) kategori kurang, sedangkan pada siklus II mendapatkan hasil skor rata-rat 36 (72%) dalam kategori baik.. Berdasarkan pembahasan analisis data pada siklus I sampai siklus II diperoleh peningkatan 13 (26%). Yaitu dari siklus I sebesar 23 (46%), dan siklus II menjadi 36 (72%). Makadisimpulkan bahwa layanan Informasi dengan teknik Modelingdapat meningkatkan pemahaman masa pubertas pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Nasional Pati karena sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang di tentukan. Dengan demikian Uji hipotesis penerapan layanan informasi dengan teknik modelingdapat meningkatkan pemahaman masa pubertas siswa kelas XI IPA I SMA Nasional Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diterima karena sesuai indikator kriteria keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah: layanan informasi dengan teknik modeling sangat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang masa pubertas. Dengan adanya dampak positif dari layanan informasi ini diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan informasi ini.2. Wali Kelas dan Konselor diharapkan dapat menggunakan hasil penemuan peneliti tentang kurangnya pemahaman masa pubertas siswa sehingga wali kelas maupun konselor lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa secara lebih mendalam. 3. Siswa :hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan informasi dengan teknik modeling untuk membantu memecahkan permasalahan yang sedang dialami. 4. Peneliti Berikutnya: perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan masalah masa pubertas dengan menggunakan layanan informasi dengan teknik modeling.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Drs. Sucipto, M.Pd, Kons.
Kata Kunci: Pemahaman Pubertas; Layanan informasi, Teknik Modelling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:16
Last Modified: 04 Aug 2016 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item