Studi Kasus Penerapan Konseling Islami Untuk Mengatasi Perilaku Negatif Dalam Kesopanan Siswa Kelas Viii Smpn 1 Margorejo Tahun Ajaran 2015/2016

Ahmad Saputro, Harinto (2016) Studi Kasus Penerapan Konseling Islami Untuk Mengatasi Perilaku Negatif Dalam Kesopanan Siswa Kelas Viii Smpn 1 Margorejo Tahun Ajaran 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (642kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (230kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Menemukan Penyebab Minimnya Perilaku Kesopanan Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo Pati Tahun Ajaran 2015/2016 Dan Mengetahui Pengaruh Bimbingan Konseling Islami Dalam Mengatasi Perilaku Negatif Dalam Kesopanan Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Margorejo Pati Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian Yang Digunakan Peneliti Yaitu Penelitian Kualitatif Dengan Desain Studi Kasus. Studi Kasus Akan Menghasilkan Data Yang Dapat Dianalisis Untuk Membangun Sebuah Teori. Peneliti Mengambil Subyek Penelitian Berdasarkan Hasil Observasi Dan Wawancara Yang Akan Dilakukan Peneliti Pada Guru Dan Siswa, Sedangkan Sampel Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VIII SMP N 1 Margorejo Pati Tahun Ajaran 2014/2015 Sebanyak 3 Siswa. Penelitian Dilakukan Pada Bulan Juli 2015 Sampai September 2015. Lokasi Yang Akan Dilakukan Adalah Di SMP Negeri 1 Margorejo Pati. Teknik Pengumpulan Data Pada Studi Kasus Ini Dilakukan Dengan Beberapa Metode Observasi, Metode Wawancara, Dan Metode Dokumentasi. Cara Menganalisis Data Dalam Penelitian Ini Dilakukan Secara Sistematis Mulai Dari Proses Pengumpulan Data, Mengklasifikasi, Mendeskripsikan Dan Menginterpretasikan Masing-Masing Bagian. Dari Hasil Penelitian Yang Dilakukan Dihasilkan Bahwa Untuk Klien FSA Merupakan Siswa Yang Memiliki Permasalahan Sikap Siswa Yang Tidak Mengindahkan Peraturan Sekolah Dan Tidak Sopan Baik Dengan Guru Maupun Siswa. Hal Ini Disebabkan Faktor Internal Klien FSA Yaitu Berbicara Keras Dan Kurang Sopan Terhadap Guru Maupun Teman. Adapun Faktor Eksternal FSA Adalah Pribadi Yang Baik Hanya Karena Pengaruh Keadaan Keluarga Dan Lingkungan Sekitar Yang Sangat Kuat Sehingga Terbawa Arus Lingkungannya. Dilakukan Treatment Terhadap Klien Dengan Pendekatan Konseling Islami Untuk Memperbaiki Sikap FSA. Setelah Melakukan Dua Kali Konseling Individu Secara Islami, Konselor Mengamati Perubahan Klien Serta Melakukan Wawancara Dengan Wali Kelas, Teman-Teman Klien. Ternyata Klien Sudah Menunjukan Perubahan Ke Arah Yang Lebih Baik. Yaitu Klien Sudah Bisa Mengutarakan Keinginannya Kepada Kedua Orangtuanya Untuk Mendapatkan Perhatian Dan Kasih Sayangnya. Maka Dari Itu Konselor Tidak Lagi Memerlukan Konseling Lanjutan. Klien GDN Memiliki Permasalahan Yaitu Kehidupannya Yang Sangat Menyimpang Dari Kehidupan Anak Sebayanya. Faktor Internal Yang Mempengaruhi Klien Adalah Pribadi Klien Yang Selalu Tertutup Dan Minder Kepada Teman-Temannya Dan Jarang Berkomunikasi. Faktor Eksternal Klien Karena Latar Belakang Keluarganya, Klien Merasa Minder Dengan Kondisi Keluarganya Yang Tinggal Di Desa Terpencil. Setelah Melakukan Tiga Kali Konseling Individual Secara Islami, Konselor Mengamati Perubahan Klien Serta Melakukan Wawancara Dengan Wali Kelas, Teman-Teman Klien. Ternyata Klien Sudah Menunjukan Perubahan Ke Arah Yang Lebih Baik. Yaitu Klien Sudah Tidak Lagi Minder Dengan Teman-Temanya. Maka Dari Itu Konselor Tidak Lagi Memerlukan Konseling Lanjutan. Klien BN Memiliki Permasalahan Yaitu Sikapnya Yang Sangat Kasar Terhadap Siapa Saja Tidak Bisa Membedakan Dimana Dan Dengan Siapa Klien Berbicara. Faktor Internal Karena Klien Kurang Sopan Baik Dari Cara Bicaranya Maupun Perbuatannya. Faktor Eksternal Yang Mempengarugi BN Adalah Kurang Perhatian Dari Kedua Orang Tuanya Maupun Lingkungan Sekitar. Setelah Melakukan Tiga Kali Konseling Individu Secara Islami, Konselor Mengamati Perubahan Klien Serta Melakukan Wawancara Dengan Wali Kelas, Teman-Teman Klien. Ternyata Klien Sudah Menunjukan Perubahan Ke Arah Yang Lebih Baik. Yaitu Klien Sudah Tidak Lagi Berbicara Kasar. Maka Dari Itu Konselor Tidak Lagi Memerlukan Konseling Lanjutan. Berdasarkan Temuan Penelitian Di Lapangan, Saran Peneliti Terhadap Siswa Agar Dapat Mengatasi Perilaku Kesopanan Baik Terhadap Guru Maupun Teman, Terhadap Guru BK Agar Dapat Menerapkan Konseling Islami Terhadap Siswa, Dan Terhadap Kepala Sekolah Agar Dapat Mengangkat Citra, Harkat, Dan Martabat Yang Dia Pimpin.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Kata Kunci: Konseling Islami, Perilaku Negatif, Kesopanan Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 06 Aug 2016 04:11
Last Modified: 06 Aug 2016 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5936

Actions (login required)

View Item View Item