Penerapan Model Role Playing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd Negeri 1 Gondangmanis Bae Kudus Pada Materiaktivitas Ekonomi

Ulya, Mufti (2016) Penerapan Model Role Playing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd Negeri 1 Gondangmanis Bae Kudus Pada Materiaktivitas Ekonomi. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (500kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gondangmanis Bae Kudus pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar yang dideskripsikan terdiri atas hasil belajar kognitif,afektif dan psikomotorik. Hasil belajar kognitif dapat diperoleh dari tes dan non tessedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar pengamatan. Penelitian ini juga mendeskripsikan penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa,aktivitas siswa dan keterampilan guru pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi pada kelas IV SD Negeri 1 Gondangmanis Bae Kudus. Berdasarkan uraian tersebut,peneliti akan melaksanakan penelitian tindakan kellas dengan judul “Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 1 Gondangmanis Bae Kudus Pada Materi Aktivitas Ekonomi. Model Pembelajaran Role Playing adalah model pembelajaran yang melibatkan semua siswa melalui bermain peran yang memainkan tokohtokoh dengan karakter yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi kelas IV. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar. Dalam IPS sendiri terdapat materi tentang Aktivitas Ekonomi Masyarakat. Aktivitas Ekonomi Masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat atau penduduk untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti kegiatan produksi,distribusi dan konsumsi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model role playing dapat meningkatkan keterampilan guru,aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Aktivitas Ekonomi di SD Negeri 1 Gondangmanis Bae Kudus. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SDN 01 GondangmanisBae Kudus dengansubjekpenelitian 21 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, setiapsiklusterdiridariempattahapan PTK yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Variabelbebasadalah model Role Playing ,sedangkan variabelterikatnyaadalahhasilbelajar IPS. Instrumen yang digunakanberupalembarwawancara, soalevaluasi, danlembarobservasi. Hasilpenelitianmenunjukkanpenerapan model Role Playing dapatmeningkatkanketerampilan guru, aktifitasbelajarsiswa, danhasilbelajarsiswa. Hal inidapatdilihatdaritercapainya indicator keberhasilansebagaiberikut. (1) keterampilan guru dilihatdarisiklus I mendapat 63% meningkatmenjadi 76,8% di siklus II (2) aktivitasbelajarsiswapadasiklus I memperoleh 73,29% dengankualifikasibaikmeningkatmenjadi 85,86% dengankualifasisangatbaik (3) peningkatanhasilbelajaraspekkognitifdariprasiklusmenjadi 52,3 % danmeningkatlagimenjadi 90,4 %. Aspekafektifmemperolehpersentase 63,4%, sedangkansiklus II mendapatkan 70,93%. Padaaspekpsikomotoriksiklus I mendapat 64,1% dansiklus II mendapatkan 88,15%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 01 Gondangmanis Bae Kudus dapat disimpukan pada penelitian ini ialah Penerapan Model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa pada materi Aktivitas Ekonomi. Untuk itu disaran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPS serta model Role Playing dapat dijadikan guru sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Drs. Moh. Kanzannudin, M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Role Playing, Pembelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 11 Aug 2016 05:46
Last Modified: 11 Aug 2016 05:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item