Adiananingsih, Dwi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sdn 7 Gondoharum. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (414kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (237kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan benda konkret dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV SDN 7 Gondoharum. Hasil belajar adalah nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi siswa pada akhir pembelajaran. Hasil belajar menilai kemampuan siswa termasuk kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. benda konkret merupakan sebuah media yang berupa objek sebenarnya untuk membantu mempelajari materi tertentu. Make A Match adalah kartu-kartu yang terdiri yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan kartu lainnya berisi jawaban dari pertanyaan tersebut. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 7 Gondoharum dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match berbantuan benda konkret. Sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil belajar IPS kelas IV SDN 7 Gondoharum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar (kognitif) materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi yang cukup signifikan antara kondisi awal (55%), siklus I (63%), dan siklus II (82%). Hasil belajar ranah afektif secara klasikal pada siklus I memperoleh 63% dengan kriteria cukup. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 83% dengan kriteria baik. Adapun hasil belajar psikomotorik secara klasikal pada siklus I memperoleh 58% dengan kriteria cukup. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik. Adapun keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 80% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat memperoleh skor rata-rata 88% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan dengan benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 7 Gondoharum. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan dengan benda konkret sebagai alternatif model dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Drs. Sucipto, M.Pd, Kons |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Benda Konkret, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 08:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5997 |
Actions (login required)
View Item |