Penerapan Model Make A Match Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di Sd 5 Bulugcangkring

SYAFITRI, IKA (2016) Penerapan Model Make A Match Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di Sd 5 Bulugcangkring. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (749kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (149kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Dilatarbelakangi Oleh Rendahnya Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Bulungcangkring. Hal Tersebut Disebabkan Karena Pembelajaran Yang Dilakukan Masih Menggunakan Metode Ceramah. Pembelajaran Masih Berpusat Pada Guru Dan Siswa Hanya Pasif Mendengarkan Penjelasan Dari Guru. Hal Ini Menyebabkan Perlu Adanya Perbaikan Dalam Pembelajaran Sehingga Hasil Belajar Dapat Meningkat Lebih Baik. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Bagaimana Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Untuk Pembelajaran Ips Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Di Sd 5 Bulungcangkring? Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 5 Bulungcangkring Untuk Pembelajaran Ips Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Melalui Model Pembelajaran Make A Match. Hasil Belajar Adalah Suatu Proses Perubahan Tingkah Laku Dari Hasil Proses Belajar Yaitu Dari Tidak Tahu Menjadi Tahu Dan Dari Tidak Mengerti Menjadi Mengerti Dan Perubahan Tingkah Laku Ini Mencakup Tiga Ranah, Yaitu Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Model Pembelajaran Make A Match Merupakan Model Dengan Karakteristik Siswa Mencari Pasangan Sambil Mempelajari Suatu Konsep Atau Topik Materi Tertentu Dalam Suasana Yang Menyenangkan. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas Iv Sd 5 Bulungcangkring Dengan Subjek Penelitian Guru Dan 30 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Make A Match. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pembelajaran Yang Terdiri Dari Keterampilan Guru Mengajar Dan Hasil Belajar Meliputi Ranah Pengetahuan, Sikap, Dan Keterampilan. Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Tindakan Yang Dilakukan Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Adalah Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Meningkat Dengan Persentase Rata-Rata Siklus I 72,18% (Baik) Dan Meningkat Pada Siklus Ii 82,26% (Sangat Baik). Hasil Belajar Ips Siswa Materi Perkembangan Teknologi Juga Meningkat. Pada Aspek Kognitif Mengalami Peningkatan Dengan Persentase Ketuntasan Prasiklus 53,33% (Kurang). Pada Siklus I Meningkat Menjadi 73,33% (Baik) Dan Pada Siklus Ii Meningkat Menjadi 86,66% (Baik Sekali). Pada Aspek Afektif Siklus I Presentase Ketuntasannya Sebesar 71,73% (Baik) Dan Pada Siklus Ii Meningkat Menjadi 78,75% (Baik). Sedangkan Pada Aspek Psikomorik Pada Siklus I Presentase Ketuntasann Sebesar 71,96% (Baik) Dan Pada Siklus Ii Meningkat Menjadi 77,78% (Baik). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Bulungcangkring Disimpulkan Bahwa Melalui Model Make A Match Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Ips. Peneliti Memberikan Saran Kepada: (1) Siswa, Hendaknya Aktif Dalam Pembelajaran; (2) Guru, Dalam Proses Pembelajaran Perlu Menerapkan Suatu Model Pembelajaran Yang Inovatif Untuk Menciptakan Kondisi Belajar Yang Menarik Dan Menyenangkan; (3) Sekolah, Memotivasi Dan Melengkapi Sarana Prasarana Guru Untuk Mendukung; (4) Peneliti Lain, Diharapkan Dapat Lebih Memahami Langkah-Langkah Model Make A Match, Sehingga Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Lancar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A
Kata Kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar Ips.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:16
Last Modified: 02 Sep 2016 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item