ANDRIAWAN, UCOK TEGA (2016) Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Untuk Mengatasi Perilaku Arogan Pada Siswa Kelas Vii Smp2 Jati Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (662kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (163kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Arogan adalah orang yang punya perasaan superioritas dan itu dimanifestasikan ke dalam sikap yang suka memaksa, kepongkahan, atau keangkuhan. Dalam praktek sehari-hari, arogansi itu kita masukkan ke dalam list kesombongan. Semula naluri universal manusia di dunia ini tidak ada yang membenci kearongansian dan menyukai kerendahan hati. Karena itu, orang yang paling arogan sekali pun akan menolak kearogansian yang ditunjukkan oleh orang lain. Penelitian studi kasus ini akan di laksanakan di kelas VII SMP 2 Jati Kudus dengan subyek penelitian 3 siswa ( UF, AA, dan AL ) mengalami perilaku arogan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi sebagai metode pokok, serta metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang di gunakan analisis data penelitian kualitatif deskriptif yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, setelah diberikan layanan konseling behavioristik teknik modeling sebanyak tiga kali, UF yang awalnya menunjukkanperilakuarogandengan sikap yang tidakbisamemusatkanperhatiansaat guru memberipenjelasan, danmembuatkeributandikelas,sekarangmenajidiberkurangtidaklagimembuatgaduh, dantidaklagimembuatkeributan di kelas. AA yang awalnya menunjukkan perilaku arogan dengan berperilaku yang tidak sesuai dengan hati nuraninya, sering berbicaradengan nada kerassambilmbentak-mbentakmenyebabkan suasana kelas menjadi gaduh. Menjadi tenang ketika di kelas tidak lagi berbicaradengan nada kerasasambilmbentak-mbentak,danJuga menyesuaikan diri dengan taman serta lingkungan sekolah. Sedangkan AL yang awalnya menunjukkan perilakuarogan yaitu sering berperilaku acuh tak acuh terhadap perilakunya, sering tidak mendengarkan penjelasan dari guru kelas dan sulit dikontrol, menjadi tidak acuh terhadapkeadaanteman yang lain, Peneliti memberikan saran: 1. Kepala sekolah, perlu menciptakan suasana sekolah yang dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi siswa sehingga siswa dapat mengembangkan interaksi social dengan baik. 2. Konselor, haru sselalu memperhatikan perkembangan siswa khususnya bagi siswa yang sedang memiliki masalah harus segera ditangani dan diberi perhatian khusus. 3. siswa, diharapkan mampu berperilaku normal terhadap lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun luar sekolah. 4. Peneliti, kedepannya diharapkan dapat lebih bisa melatih kesabaran dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling untuk menyelesaikan permasalahan siswa
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing : Drs. Sucipto, M.Pd., |
Kata Kunci: | PerilakuArogan. PendekatanKonselingBehavioristik, Teknik modeling |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 05:11 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 05:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6152 |
Actions (login required)
View Item |