Penggunaan Model Student Teams Achievement Devisian (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Kelas V Di Sd 1 Mejobo

Maharani, Oktafiana (2016) Penggunaan Model Student Teams Achievement Devisian (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Kelas V Di Sd 1 Mejobo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (526kB)
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan menemukan peningkatan Hasil belajar PKn siswa pada materi Organisasi kelas V SD 1 Mejobo. Model STAD merupakan Salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Siswa di tempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pembelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pembelajaran tersebut. Akhirnya seluruh siswa di kenai kuis tentang materi itu dengan catatan, saat kuis mereka tidak boleh saling membantu. Hasil belajar PKn merupakan Kemampuan keterampilan, sikap dan pengetahuan yang di peroleh siswa setelah ia melakukan proses pembelajaran yang telah di rencanakn oleh guru sehingga dapat mengkontruksikan apa yang telah di dapatkan dalam kehidupan sehari-hari dan PKn merupakan Mata pelajaran yang mengfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan Model STAD dapat meningkatakan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan Hasil Belajar PKn materi Organisasi siswa kelas V SD 1 Mejobo. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 1 Mejobo dengan subjek penelitian 33 siswa kelas V. Variabel bebas adalah Model STAD dan variabel terikat adalah Hasil Belajar PKn Materi Organisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 69,23 (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 84,52 (Sangat Baik). Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa silus I memperoleh skor rata-rata 72,78 (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 80,35 (Sangat Baik). Sedangkan hasil penelitian Hasil Belajar PKn siswa materi Organisasi pada siklus I ketuntasan klasikal 73,78% (kurang) dengan skor rata-rata kelas 73,78. Meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal menjadi 78,78% (baik) dengan skor rata-rata kelas 78.78. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa kelas V SD 1 Mejobo pada materi Organisasi. Adapun saran yang diberikan peneliti yaitu Model STAD dapat digunakan untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Model Student Teams Achievement Devisian (STAD), Hasil Belajar PKn, Materi Ogganisasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:51
Last Modified: 07 Nov 2016 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6186

Actions (login required)

View Item View Item