Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Permainan Acak Atur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sdn 2 Bae Kudus

Setyaningrum, Diah Ayu (2016) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Permainan Acak Atur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sdn 2 Bae Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (120kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match berbantuan permainan pada materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD 2 Bae. Model pembelajaran Make A Match adalah model pembelajaran kooperatif yang dapat mengaktifkan siswa dengan mencari pasangan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban sebagai media pembelajaran.Hasil belajar adalah suatu kemampuan yang dihasilkan oleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat. Kemampuan tersebut meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemampuan yang diperoleh tersebut diwujudkan dalam nilai hasil belajar. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2Bae Kudus dengan subyek penelitian 20 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Make A Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis Data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pusat yang cukup baik pada siklus I (65%) dan siklus II (85%), nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 68,52 % dan siklus II sebesar 78,52%, nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 68,36% dan siklus II sebesar 80%, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73,03% menjadi 85,00% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan permainan acak atur dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat kelas IV SD 2 Bae Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Bae Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan permainan acak atur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pusat kelas IV SD 2 Bae Kudus. Saran dalam penelitian ini siswa diharapkan pada saat pembelajaran sebaiknya harus lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi guru proses pembelajaran perlu menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Santoso, M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar PKn, Make A Match, Permainan Acak Atur, Sistem Pemerintahan Pusat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:22
Last Modified: 15 Nov 2016 07:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item