Farida, Ayu (2016) Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd 3 Sambung Undaan Kudus. Update Test thesis, Unversitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (698kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (171kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan diterapkannya metode eksperimen berbasis permainan tradisonal di SD 3 Sambung Undaan Kudus pada materi Energi. Kreativitas siswa dalam pembalajaran IPA merupakan kemampuan siswa dalam meningkatkan berpikir kreatif (aptitude) dan sikap kreatif (nonaptitude). Permainan tradisional merupakan media permainan yang mengedepankan jenis-jenis permainan tradisonal yang mulai dilupakan untuk dimainakan kembali demi terjadinya peingkatan kreativitas siswa . Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode eksperimen berbasis permainan tradisional dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran serta mampu meningkatkan berpikir kreatif (aptitude) dan sikap kreatif (nonaptitude), dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA. Penelitian ini telah dilaksanakan di kelas IV SD 3 Sambung dengan subjek penelitian 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode eksperimen berbasis permainan tradisional, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terhadap peningkatan kreativitas siswa secara klasikal pada materi perubahan energi cukup signifikan, peningkatan dilihat dari aspek berpikir kreatif siklus I diperoleh rata-rata 69.5 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 80. Sedangkan pada sikap kreatif siklus I diperoleh rata-rata 69.5 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 80.25. Berdasarkan kedua aspek tersebut diketahui kreativitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 58.56, dan pada siklus II meningkat menjadi 77.75 dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen berbasis permainan tradisional dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD 3 Sambung Undaan Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menerapkan metode eksperimen sebagai alternatif metode pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd |
Kata Kunci: | Eksperimen, Permainan Tradisional, Kreativitas Siswa, IPA. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:32 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 07:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6294 |
Actions (login required)
View Item |