Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 2 Tigajuru

Maslikhatun, Dewi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 2 Tigajuru. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar IPA dengan mengimplementasikan Problem Based Learning (PBL) pada materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk mengekspresikan ide-ide baru yang ada dalam dirinya sendiri. Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir dan bertindak secara kreatif. Kreativitas belajar IPA dapat dilihat dari kelancaran siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru, kelenturan siswa dalam bekerja secara individu maupun kelompok, keaslian dalam menyampaikan daya imajinasi yang dimiliki, keterperincian dalam menyimpulkan sebuah percobaan, dan kepekaan dalam mengikuti pembelajaran. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menyajikan suatu masalah yang sesuai dengan kenyataan untuk diselidiki dan ditemukan solusinya. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Tigajuru Jepara dengan subyek penelitian 18 siswa. Penelitian ini akan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah Model Problem Based Learning (PBL), sedangkan variael terikatnya adalah kreativitas belajar IPA siswa materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran PBL memperoleh persentase keberhasilan ≥ 75 % dengan kategori baik (B). Dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran PBL memperoleh persentase kreativitas ≥ 75 % dengan kriteria kreativitas tinggi. Hasil penelitian siklus I, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase 83% kategori baik (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,85% dengan kategori sangat baik (SB). Hasil kreativitas siswa melalui observasi pada siklus I memperoleh persentase 69,6% kriteria kreativitas tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,1% dengan kriteria kreativitas tinggi, sedangkan hasil kreativitas siswa melalui tes evaluasi memperoleh persentase 72,2% dengan kriteria kreativitas tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,9% dengan kriteria kreativitas sangat tinggi. Hasil keterampilan siswa pada siklus I memperoleh 74,2% kriteria keterampilan sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,4% kriteria keterampilan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Tigajuru Jepara. Peneliti berharap agar model Problem Based Learning dapat selalui digunakan dan dikembangkan agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan Fisik, Kreativitas Siswa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:33
Last Modified: 17 Nov 2016 08:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6345

Actions (login required)

View Item View Item