Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Behavioristik Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Pada Siswa Kelas X Ma Muwahiddun

Nisa, Ifa Fahrun (2016) Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Behavioristik Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Pada Siswa Kelas X Ma Muwahiddun. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk MendiskripsikanModel KonselingBehaviourdenganTeknikDesensitisasi Sistematis dapat Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas X MA Muwahiddun . Kecemasan adalah suatu sikap yang banyak dialami banyak siswa dan akan menimbulkan permasalahan dalam diri siswa dan akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian siswa. Agar masalah tersebut dapat terentaskan, maka peneliti menggunakan teknik desensitisasi sistematis sebagai upaya bantuan, yaitu suatu teknik perubahan perilaku, dimana konseli dituntut aktif selama proses terapi, sehingga konseli mampu mengendalikan dan merubah arah perilaku tersebut menjadi perilaku yang diinginkan. Jenis penelitian ini adalah penelitianstudikasusdenganpendekatanpenelitiankualitatifdeskriptif. Metodepengumpulan data yaitu: observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjekpenelitianya siswakelasX Muwahiddun Gembong Pati (R, RA dan MA).Variabelbebasnyaadalahkonselingbehavioristikdenganteknikdisensitisasisistematisdanvariabelterikatnyaadalahkecemasan. Berdasarkanhasilpenelitiandapatditariksimpulanbahwafaktorpenyebab kecemasan menghadapi pelajaran matematika danpengaruhpenerapan konselingdesensitisasi sistematis dariketigakonseliyaitu: 1. Konseli I (R) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu kurang adanya perhatian dari orang tua. 2. Konseli II (RA) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu pengaruh lingkungan teman sepermainan. 3. Konseli III (MA). faktor internalnya yaitu motivasi belajar rendah. Faktor eksternalnya yaitu kurangadanyaperhatiandari orang tua. Berdasarkanpenemuanpenelitian, penelitidapatmemberikan saran kepada: 1. Siswa diharapkan lebih terbuka terhadap wali kelas dan konselor sekolah apabila mengalami kesulitan khususnya kecemasan dalam menghadapi pelajaran matematika, sehingga siswa tidak mengalami kecemasan pada saat menghadapi pelajaran matematika 2. Guru dapat membantu mengatasi kecemasan siswa agar siswa bisa nyaman dalam proses pembelajaran. 3. Konselor sekolah sebaiknya menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan lebih baik dan bisa menerapkan layanan konseling behavioristik dengan teknik desensitisasi sitematis untuk mengatasi siswa yang mempunyai rasa cemas saat menghadapi mata pelajaran matematika. 4. Kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan secara periodik dengan guru wali kelas. 5. Penelitiselanjutnyasebaiknyamenindaklanjutipenelitianinidenganberpijakpadahasil/temuan yang telahdiperolehdalampenelitianini, sehinggakedepannyapenerapandesentisisasimampumengatasikecemasansiswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Konseling Behaviouristik, Teknik Desensitisasi Sistematis, kecemasan menghadapi matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:55
Last Modified: 22 Nov 2016 06:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item