Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sainspeserta Didik Melalui Metode Eksperimen Materi Gaya Pada Kelas Iv Sd 4 Gribig Kudus

Rosadania, Retsa Insantia (2016) Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sainspeserta Didik Melalui Metode Eksperimen Materi Gaya Pada Kelas Iv Sd 4 Gribig Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (204kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas IV SD 4 Gribig dengan penerapan metode eksperimen dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA setelah diterapkan metode eksperimen. Keterampilan proses sains merupakan kemampuan peserta didik untuk menemukan sesuatu dalam dunia sekitar. Peningkatan keterampilan proses sains dapat dilakukan melalui penerapan metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan cara mengajar di mana peserta didik melakukan suatu percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas IV SD 4 Gribig Kudus dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 4 Gribig dengan subjek penelitian 18 peserta didik dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode eksperimen, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan keterampilan proses sains yang dimiliki peserta didik kelas IV SD 4 Gribig pada setiap indikator minimal mencapai 75% dengan kriteria baik dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA dengan penerapan metode eksperimen mencapai nilai 75 dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dan keterampilan mengajar guru. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan proses sains memperoleh nilai rata-rata sebesar 25,27 dengan persentase klasikal sebesar 63,18% masuk pada kualifikasi baik. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 31,13 dengan persentase klasikal sebesar 77,93% masuk pada kualifikasi baik dan telah mencapai indikator keberhasilan ≥75. Keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 149 dengan kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II sebesar 155,5 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik dan keterampilan mengajar guru dapat meningkat melalui metode eksperimen pada materi gaya di kelas IV SD 4 Gribig. Adapun saran yang diberikan yaitu guru sebaiknya dapat menggunakan metode eksperimen sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dra. Sumarwiyati, M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Materi Gaya.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Nov 2016 09:17
Last Modified: 22 Nov 2016 09:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item