Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Tema Kesehatan Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus

Nurfaizah, Isfi (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Tema Kesehatan Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (264kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam materi karangan eksposisi tema kesehatan dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SD 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus. Keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang dalam mengekspresikan gagasan ide, pendapat, atau pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan. Media gambar seri adalah suatu gambar yang disusun secara runtut untuk menjelaskan suatu cerita/peristiwa. Media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga guru lebih terampil dalam mengelola pembelajaran. Siswa lebih tertarik dan antusian dalam mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yakni terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa melalui media gambar seri dalam materi menulis karangan eksposisi tema kesehatan pada siswa kelas IV SD 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakniobservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes penilaian kinerja dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai keterampilan menulis karangan eksposisi tema kesehatan pada siklus I (67%) dan siklus II (100%), peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 77,5% (tinggi) menjadi 94,5% (sangat tinggi) pada siklus II, dan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 1,75 (cukup baik) dan pada siklus II sebesar 2,94 (baik). Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan eksposisi tema kesehatan melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus. Selanjutnya, peneliti memberikan saran pada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam pembelajaran dan berlatih terus menerus untuk menghasilkan tulisan yang baik. Bagi guru media gambar seri dapat dijadikan referensi dalam mengelola pembelajaran, khususnya pada bahasa Indonesia. Bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang berlangsungnya proses pembelajaran yang lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Eksposisi Tema Kesehatan, Media Gambar Seri.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:45
Last Modified: 23 Nov 2016 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6441

Actions (login required)

View Item View Item