Penerapan Pendekatan Starter Eksperimen Untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd 7 Bulungcangkring Kudus

Sa’diyah, Mu’linatus (2016) Penerapan Pendekatan Starter Eksperimen Untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd 7 Bulungcangkring Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (433kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA materi jenis tanah di kelas V SD 7 Bulungcangkring Kudus setelah diterapkannya model pembelajaran Pendekatan Starter Eksperimen dan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran Pendekatan Starter Eksperimen pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis tanah siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring Kudus. Model Pendekatan Starter Eksperimen merupakan model pembelajaran yang diawali dengan percobaan awal, dilanjutkan dengan mengamati, merumuskan masalah, merumuskan dugaan sementara, pengujian, perumusan konsep, penerapan konsep dan yang terakhir evaluasi. Keterampilan proses sains merupakan keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah meliputi mengamati, menggolongkan, menafsirkan, meramalkan, menerapkan, merencanakan penelitian, dan mengkomunikasikan yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan Pendekatan Starter Eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan keterampilan mengajar guru materi jenis-jenis tanah bagi siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 7 Bulungcangkring Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 31 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model Pendektan Starter Eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains danketerampilan mengajar guru pada pembelajran IPA siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring Kudus. Hasil analisis data menunjukan terdapat peningkatan pada keterampilan proses sains dari siklusi I (83%) pada siklus II (89%). Peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I (88%) pada siklus II (94%). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring Kudus. Untuk itu disarankan, guru perlu menerapkan model pembelajaran Pendekatan Starter Eksperimen untuk dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Pendekatan Starter Ekesperimen, Keterampilan Proeses Sains, materi jenis tanah.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:07
Last Modified: 23 Nov 2016 04:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6444

Actions (login required)

View Item View Item