Aini, Nurul (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Congklak Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Ngembal Kulon Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (212kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanbagaimanapeningkatanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranmatematikamaterioperasibilanganbulat yang dilakukan guru padasiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus melalui model pembelajaranInquiry berbantuan media congklak, mendiskripsikanbagaimanaaktivitassiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dalampembelajaranmeterioperasibilanganbulatmelalui model Inquiry berbantuan media congklak, menemukanapakah model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepoperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Pemahamankonsepmatematikaadalahkemampuan yang ditunjukkansiswadalammemahamigagasanatau ide-ide matematika yang salingterkaitsatusama lain sehinggaterbangunpemahamandalampembelajaranmatematika. Model pembelajaranInquiry adalahrangkaiankegiatanpembelajaran yang menekankanpada proses berpikirsecarakritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalah yang dipertanyakan. Congklakadalah media pembelajaranmatematika yang terbuatdarikayu yang dapatdigunakansebagaikonteksdalambelajarbilangan yang memuatdalammenghitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Hipotesistindakandalampenelitianadalahpenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Variabelbebasadalahmodel pembelajaran Inquiry berbantuan media congklak.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulat.Instrument penelitianiniadalahobservasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranInquiry padasiklus I 3,01 (baik) menjadi 3,24 (baik) padasiklus II, didukungdenganpeningkatanaktivitassiswadalampembelejaranmatematikapadasiklus I 3 (baik) menjadi 3,21 (baik) siklus II. Pemahamankonsepmatematikasiswapadamaterioperasibilanganbulatmengalamipeningkatan yang signifikanantarasiklus I (61,1%), dansiklus II (77,8%). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Untukitudisarankandalampenerapan model pembelajaranInquiry, guru haruspenyampaiaanmateri yang jelasdankonkrit agar siswalebihmemahamikonsepmatematika yang di pelajari.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep matematika, Model pembelajaran Inquiry berbantuan media congklak, materi operasi bilangan bulat. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 01:38 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 01:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |