-, Nuraeningsih and -, Junaidi (2017) Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Ketrampilan Wajib Bahasa Inggris Di Universitas Muria Kudus. [Experiment] (Submitted)
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal_Depan.pdf - Accepted Version Download (156kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB__IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (127kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
Abstrak
Dengan semakin mengglobalnya negara – negara di dunia menyebabkan kebutuhan penguasaan Bahasa Inggris di dunia kerja semakin tinggi, sehingga sangat penting bagi mahasiswa untuk menguasai bahasa internasional tersebut agar dapat bersaing dengan lulusan dari manca negara. Universitas Muria Kudus sebagai pencetak alumni yang memiliki kompetensi yang unggul mewajibkan semua mahasiswanya untuk menempuh Ketrampilan Wajib (KW) Bahasa Inggris meski dengan 0 SKS. Kebijakan ini berlaku mulai tahun 2001 dan dilaksanakan oleh UPT Bahasa. Setiap akhir semester diadakan evaluasi oleh Tim instruktur beserta kepala UPT Bahasa, namun tidak melibatkan mahasiswa. Oleh karena itu, respon dan pendapat mahasiswa mengenai proses pembelajaran yang berjalan tidak dapat diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran Ketrampilan Wajib Bahasa Inggris pada semester gasal tahun akademik 2014/2015. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei dengan cara menyebarkan angket kepada sampel yang dipilih melalui ordinary sampling sejumlah 98 mahasiswa dari populasi 498 mahasiswa yang mengikuti KW Bahasa Inggris pada semester gasal tahun akademik 2014/2015. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran KW Bahasa Inggris semester gasal tahun akademik 2014/2015 berlangsung dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari strategi pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, minat mahasiswa, kesiplinan mereka mengikuti kuliah KW Bahasa Inggris serta penguasaan mahasiswa terhadap materi yang diajarkan tergolong baik. Atas dasar temuan di atas dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran KW Bahasa Inggris pada semester gasal tahun akademik 2014/2015 berjalan dengan baik. Beberapa perbaikan perlu dilakukan agar mutu pembelajaran dapat lebih ditingkatkan sehingga pelayanan UPT Bahasa terhadap mahasiswa semakin prima.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Kata Kunci: | pembelajaran, Bahasa Inggris. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 06:01 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 06:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6707 |
Actions (login required)
View Item |