Najah, Zulfa Rojibatin (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Sundoluhur Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Materi Sumber Daya Alam Tahun Ajaran 2016/2017. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (788kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (241kB) |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SIDANG_SKRIPSI.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Inkuiri Sosialdan menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar guru beserta hasil belajar IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SD 1 Sundoluhur. Hasil belajar IPS merupakan perubahan peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti dan memperoleh proses pembelajaran IPS yang terdiri atas ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Inkuiri Sosial adalah suatu model pembelajaran dengan karakteristik siswa dihadapkan pada masalah-masalah yang muncul di masyarakat kemudian siswa diminta untuk memecahkan masalah tersebut dengan pengalaman yang mereka miliki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Sundoluhur dengan subjek penelitian guru kelas IV dan 13 siswa SD 1 Sundoluhur. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran Inkuiri Sosial, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam proses pembelajaran IPS materi sumber daya alam Kelas IV SD 1 Sundoluhur dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase keterampilan mengajar guru pada siklus I (77%) dan siklus II (90%), presentase hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I (59%) dan siklus II (77%), sedangkan presentase hasil belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I (61%) dan siklus II (78%). Sementara rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I (72,6) dengan ketuntasan klasikal (61%) meningkat pada siklus II (79,2) dengan ketuntasan klasikal (84%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV SD 1 Sundoluhur. Guru perlu memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa dalam proses pembelajaran agar siswa mampu memperoleh hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Inkuiri Sosial, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 May 2017 02:53 |
Last Modified: | 02 May 2017 02:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6907 |
Actions (login required)
View Item |