SUSANTO, HEVEA YERYCE (2017) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantu Media Manipulatif Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (192kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa kelas IV SD 3 Pecangaan. Sehingga penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas IV SD 3 Pecangaan setelah diterapkannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media manipulatif; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam berkomunikasi matematik pada pembelajaran matematika di kelas IV SD 3 Pecangaan setelah diterapkannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media manipulatif dan; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengajar matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media manipulatif pada siswa kelas IV SD 3 Pecangaan. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan dan; (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 3 Pecangaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I sebesar 65,61 dengan ketuntasan klasikal 59,46%, meningkat pada siklus II sebesar 77,62 dengan ketuntasan klasikal 94,59%. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa dalam berkomunikasi matematik pada siklus I sebesar 3,05 dengan klasifikasi cukup, meningkat pada siklus II sebesar 3,77 dengan klasifikasi baik. Rata-rata skor pengelolaan pembelajaran menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media manipulatif pada siklus I sebesar 3,76 dengan klasifikasi baik, meningkat pada siklus II sebesar 4,16 dengan klasifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media manipulatif pada materi simetri dan pencerminan meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas IV SD 3 Pecangaan. Pada tahap penggunaan model untuk matematisasi progresif, guru disarankan memberikan pengarahan yang lebih intensif, sehingga siswa dapat melakukan proses matematisasi dengan baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Eka Zuliana,S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Media Manipulatif, Kemampuan Komunikasi Matematik. |
Subjects: | Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 07:34 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 07:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7874 |
Actions (login required)
View Item |