MULYANI, MARGAWI SRI (2017) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving Berbantuan Media Lego Pada Materi Pecahan Dikelas Iv Sd 6 Kandangmas. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (739kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (299kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran Matematika melalui pendekatan problem solving berbantuan media Lego sebagai upaya diterapkan dalam materi pecahan (2) mendiskripsikan aktivitas penalaran matematika melalui pendekatan problem solving berbantuan media Lego (3) mendiskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran penalaran matematika melalui pendekatan problem solving berbantuan media Lego. Kemampuan penalaran matematika adalah suatu tantangan untuk menyelesaikan masalah pada soal matematika melalui prosedur maupun berbagai cara dengan penalaran yang lebih luas. Pendekatan problem solving adalah penyelesaian masalah secara ilmiah yang berupa soal dengan memikirkan cara-cara tertentu sehingga terbukti hasilnya. Media lego merupakan media yang berbentuk balok dan permainan konstruktif yang bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan kreatifitasnya. Penelitian ini menggunakan model dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD 6 Kandangmas kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yang siswanya berjumlah 26 orang yang terdiri dari 13 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat penalaran matematika siswa memperoleh skor rata-rata 65 dengan kriteria baik dengan presentase ketuntasan 57% dan meningkat 21% di siklus 2 dengan skor rata-rata 75 dengan kriteria baik dengan persentase ketuntasan 81%. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,59 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,25 dengan kriteria sangat baik. Hasil aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I mendapat skor rata-rata 2,53 dengan kriteria baik menjadi skor rata-rata 3,09 pada siklus II. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini bahwa melalui penerapan pendekatan problem solving berbantuan media lego pada materi pecahan di kelas IV SD 6 Kandangmas mampu meningkatkan kemampuan penalaran Matematika, keterampilan guru dan aktivitas penalaran siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs.Susilo Rahardjo,M.Pd.Kons |
Kata Kunci: | Kata kunci: Penalaran Matematika, Pendekatan problem solving, Media Lego, Materi Pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 08:52 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 08:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
View Item |