PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

ismiyani, yonik (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
halaman_depan.pdf - Accepted Version

Download (907kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab_v.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas IV SDN 01 Purwosari adalah rendahnya pemahaman konsep siswa, pembelajaran matematika belum menggunakan alat peraga, pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru belum menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan blok pecahan dan menganalisis peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN Purwosari pada materi pecahan. Penerapan pembelajaran discovery learning (penemuan) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar pada materi pecahan. Materi diberikan oleh guru melalui media blok pecahan sehingga siswa dituntut untuk aktif selama proses pembelajaran. Siswa dapat melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri hasil penyelesaian soal dengan menggunakan blok pecahan sehingga terjadi pemahaman konsep. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di kelas IV SDN Purwosari 01 dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan blok pecahan, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika materi pecahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes pemahaman konsep yang menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dengan skor rata-rata 69,45 (ketuntasan klasikal 66,67%) ke siklus II meningkat menjadi 78,04 (ketuntasan klasikal 91,67%). Aktivitas belajar siswa pada siklus I skor rata-rata 65 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 79 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 77 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87 dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian, bahwa penerapan model discovery learning berbantuan blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Purwosari 01. Saran yang peneliti berikan dalam penerapan model discovery learning yakni, guru hendaknya membuat perencanaan yang matang, sehingga pembelajaran dapat terlaksana sesuai alokasi waktu yang direncanakan. Selain itu guru harus memberikan pertanyaan-pertanyaan sesuai tingkat berpikir siswa, agar siswa lebih mudah dalam menemukan konsep matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Kata Kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:12
Last Modified: 07 Feb 2018 09:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item