PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS

YULIANI, VITA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, karakter cinta tanah air siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Model Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang memberi siswa kesempatan untuk bekerja sendiri dan bekerjasama dengan orang lain. Langkah-langkah model Think Pair Share yaitu (1) berfikir, (2) berpasangan, dan (3) berbagi. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. PKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Think Pair Share, dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 74,16% (baik) menjadi 84,16% (baik). Karakter cinta tanah air siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 74,60% (baik) menjadi 81,64% (baik). Hasil belajar ranah kognitif meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 72,81% (baik) menjadi 82,18% (baik). Pada ranah afektif meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 73,17% (baik) menjadi 82,29% (baik). Ranah psikomotorik meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 71,25% (baik) menjadi 80,93% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter cinta tanah air siswa, dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 :Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Model Think Pair Share, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:06
Last Modified: 09 Feb 2018 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item