Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Ivb Sd Muhammadiyah Kriyan

Arie Hasna Nisa, Ade (2017) Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Ivb Sd Muhammadiyah Kriyan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model mind mapping. Mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan gagasan peserta didik melalui rangkaian peta-peta yang dituangkan dalam tulisan yang dibuat secara menarik dengan berbagai warna, kata, dan simbol dalam pembuatan mind mapping siswa berkelompok secara berpasangan secara heterogen. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dikelas IVB SD Muhammadiyah Kriyan dengan subjek 22 siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model mind mapping, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IVB mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model mind mappingdapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85% dengan kategori sangat baik meningkat ke siklus II menjadi 92,5% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 70,8% dengan kategori baik meningkat ke siklus II menjadi 79,04% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 68,18% dengan kategori baik meningkat ke siklus II menjadi 81,81% dengan kategorisangat baik,pada aspek afektif di siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 77,64% dengan kategori baik meningkat ke siklus II menjadi 81,81% dengan kategori baik, dan pada aspek psikomotorik di siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 68,17% dengan kategori baik meningkat ke siklus II menjadi 78,4% dengan kategori baik. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IVB SD Muhammdiyah Kriyan tahun pelajaran 2016/2017.Saran dalam penelitian ini, guru dapat menerapkan model mind mapping pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, mind mapping, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 02:03
Last Modified: 10 Feb 2018 02:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7944

Actions (login required)

View Item View Item