Penerapan Model Contextual Teaching Learning Berbantu Media Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Ips Di Kelas V Sdn Sumbersari 01

YUWONO , SIGID (2017) Penerapan Model Contextual Teaching Learning Berbantu Media Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Ips Di Kelas V Sdn Sumbersari 01. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS dengan penerapan model Contextual Teaching Learning berbantuan media puzzle pada siswa kelas V SDN Sumbersari 01. Contextual Teaching Learning adalah suatu model yang efektif yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa karena model ini membantu guru mengaitkan konten mata pelajaraan dengan situasi dunia nyata dan membantu siswa membuat hubungan anatara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka. Sedangkan media media permainan teka – teki dari sebuah kepingan tipis yang terdiri dari 3 atau lebih potongan untuk di susun menjadi sebuah gambar yang utuh. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dari seseorang untuk menangkap suatu makna setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing – masing tiap siklus terdiri 2 pertemuan. Siklus I terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Yang akan menjadi subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang terdiri dari 15 siswa dengan rasio perbandingan laki-laki 7 siswa dan perempuan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik yang digunakan dalam analisis adalah data kualitatif maupun kuantitatif. Tes uji validitasnya dengan menggunakan validitas konstruk expert judgment Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model contekstual teaching learning dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari 69,64% menjadi 82,14%. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 63,54% menjadi 81,25%. Pemahamn konsep siswa juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 53% menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sumbersari 01 dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model contextual teaching learning dapat meningkatkan keteram[ilan guru, aktivitas belajar siswa dan pemehaman konsep pada pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha xi dan Islam kelas V SDN Sumbersari 01. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci : Contextual Teaching Learning, Media Puzzle, Pemahaman Konsep IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 04:28
Last Modified: 10 Feb 2018 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item View Item