peningkatan hasil belajar pkn melalui penerapan model teams games tournament berbantu media permainan ular tanggadi kelas v sd 4 dersalam

HAKIM, MUH.LUQMANUL (2017) peningkatan hasil belajar pkn melalui penerapan model teams games tournament berbantu media permainan ular tanggadi kelas v sd 4 dersalam. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar IPS guru dan meenganalisis peningkatan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SD 5 Gondangmanis setelah menerapkan model pembelajaran Example Non Example berbantu stiker. Model pembelajaran Example Non Example merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Media stiker adalah media yang berupa lembaran kecil kertas atau plastik yang ditempelkan, stiker hampir mirip gambar yang termasuk media visual. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SD 5 Gondangmanis dan peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik IPS siswa kelas IV SD 5 Gondangmanis. Dalam penelitian ini menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc.Taggrat yang terdiri dari 4 tahapan dalam setiap siklusnya, adapun setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanan/tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlansung 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 5 Gondangmanis, yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan. Metode pengumpulan data meliputi tes dan non tes, nontes terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 72,2% dan siklus II sebesar 93,3%. Sedangkan peningkatan hasil belajar yang terdiri dari tiga ranah, kognitif siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 93,75%, ranah afektif siklus I sebesar 63,9% dan siklus II sebesar 85,5%, sedangkan ranah psikomotorik siklus I sebesar 69,4% dan siklus II sebesar 85,3%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example berbantu media stiker mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 5 Gondangmanis. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas IV SD 5 Gondangmanis, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example berbantu media stiker mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 5 Gondangmanis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Ika Oktavianti,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci : Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar, IPS, Media Stiker.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 05:33
Last Modified: 10 Feb 2018 05:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7962

Actions (login required)

View Item View Item