AMALI , NILA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 HADIPOLO TAHUN 2016. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (655kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (147kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu permainan ular tangga pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 6 Hadipolo, (2) Mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu permainan ular tangga pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 6 Hadipolo, dan (3) Menemukan peningkatan hasil belajar pada siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu permainan ular tangga pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 6 Hadipolo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan di kelas IV SDN 6 Hadipolo dengan subjek 24 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar PKn siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa pada ranah afektif dari siklus I ke siklus II meningkat dari 59,76% berkriteria cukup menjadi 76,61% berkriteria baik dan ranah psikomotorik dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65.05% berkriteria baik menjadi 80,10% berkriteria baik (2) Peningkatan keterampilan guru pada siklus I mencapai 74,07% berkriteria baik meningkat menjadi 84,72% berkriteria baik (3) Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I mendapat 54,10% meningkat menjadi 79,10% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Quantum Teaching berbantu permainan ular tangga dapat meingkatkan aktivitas siswa dalam ranah afektif dan psikomotorik, keterampilan guru serta hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 6 Hadipolo Kudus. Saran untuk siswa diharapkan siswa bersungguh-sunggu dalam mengikuti pembelajaran supaya aktif. Untuk guru diharapkan model pembelajaran ini dengan berbantu permainan ular tangga dapat menjadi inovasi dalam pemilihan model pada pembelajaran lainnya. Untuk sekolah diharapkan sekolah memberikan kesempatan guru untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan yang menambah wawasan dalam mengelola pembelajaran di kelas serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Drs. Masturi, MM |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Model Quantum Teaching, Permainan Ular Tangga. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 04:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 04:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8006 |
Actions (login required)
View Item |