PRASETIYO, DIMAS YOGI (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas Iv Sd 1 Kandangmas Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (930kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (177kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus. Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran ketika peserta didik mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dengan subyek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model make a match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model make a match mengalami peningkatan pada siklus I 77,67% (baik) menjadi 86,60% (sanagat baik) siklus II. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan anatara siklus I (64,24%), dan siklus II (78,57%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 64,81% (baik) menjadi 75,15% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 65,94% (baik) menjadi 75,51% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model make a match, guru hendaknya lebih melakukan pendalaman materi dengan bermain agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Drs.Susilo Rahadjo,M.Pd.,Kons. |
Kata Kunci: | Kata kunci : Make A Match, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 04:35 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 04:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8015 |
Actions (login required)
View Item |