ISTIQOMAH, PRANSISCA (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri Margorejo 01 Pati Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Berbantu Permainan Kantung Ulat. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (717kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (208kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan kantung ulat dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Margorejo 01 Pati. Hasil belajar merupakan perubahan dalam sikap maupun setiap tindakan yang ditunjukan oleh seseorang yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah model pembelajaran tipe kooperatif yang menggunakan metode diskusi dan memberikan nomor yang akan dipasang dikepala dengan tujuan siswa lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya. Permainan kantung ulat adalah permainan sejenis permainan ulat tangga yang memiliki setiap kotaknya memiliki kantung yang berisi pertanyaan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan kantung ulat, (2) terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Margorejo 01 Pati. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Margorejo 01 yang berjumlah 22. Jenis penelitian tindakan kelas menggunakan desain John Elliot. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas yang diteliti yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan kantung ulat, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru. Pada siklus I menunjukan rata- rata sebesar 68% dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 86% dengan kriteria sangat baik. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi jasa dan peran tokoh kemerdekaan antara siklus I (68%) dan siklus II (91%), kemudian didukung pada hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh rata-rata sebesar (67%) dan siklus II (78%). Sedangkan pada hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I (67%) dan siklus II (78%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu peterjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Margorejo 01 Pati dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan kantung ulat. Sedangkan saran yang diberikn adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan kantung ulat untuk meningkatan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Sucipto, M.Pd. Kons. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS, Permainan Kantung Ulat |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 08:31 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 08:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8064 |
Actions (login required)
View Item |