PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII H SMP 5 KUDUS.

YUSTINA, RETNO SUCI (2017) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII H SMP 5 KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (937kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswa kecanduan game online kelas VIII H SMP 5 Kudus tahun ajaran 2016/2017, 2. Membantu mengatasi masalah siswa yang kecanduan game online menggunakan konseling behavioristik dengan teknik self management pada siswa kelas VIII H SMP 5 Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Permainan Game Online merupakan suatu aktivitas dari manusia yang tidak memandang usia dan waktu. Adapun alasan pelajar yang menyukai game online cukup beragam. Diantaranya adalah game online merupakan sarana hiburan bagi mereka tetapi berlebihan bermain game akan berdampak negatif terhadap pemain tersebut. Untuk mengurangi kecanduan game online peneliti menerapkan Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management.Konseling behavioristik yaitu pendekatan konseling yang dilakukan oleh konselor untuk merubah perilaku yang mal adaptif siswa. Dengan menggunakan konseling behavioristik diharapkan masalah siswa kecanduan game onlineakan dapat terselesaikan. Dalam penelitian ini pengunaan teknik self management yakni untuk membantu siswa dalam mengelola diri dengan tujuan siswa mengetahui potesi dalam kelemahan dalam dirinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Subjek yang di teliti adalah siswa kelas VIII H sebanyak 3 siswa yang memiliki masalah kecanduan game online di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode wawancara, observasi, dokumentasi dan home visit secara mendalam sehingga nantinya diperoleh data yang akurat terhadap penyebab siswa kecanduan game online. Berdasarka hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab dari siswa kecanduan game online d kelas VIII H. Dalam penelitian ini penyebab MIS kecanduan game online adalah Dia merasa kesepian dan merasa kurang perhatian dari orang tuanya yang sibuk dengan masing-masng pekerjaannya. Penyebab dari klien TPH kecanduan game online yakni TPH merasa jengkel karenadia sering tidak bisa mendapatkan nilai pelajaran yang bagus seperti temannya padahal dia sudah merasa tekun untuk belajar. Dan NRP kecanduan game online dikarenakan NRP ingin sekali menjadi gamer sejati serti temannya di sekitar rumahnya karena dengan dia menjadi gamer sejai NRP akan merasa hebat. Perilaku atau kebiasaan tersebut menjadikan MIS, TPH, dan NRP ditolak dalam lingkungan sosialnya, setelah dilakukan konseling dengan pendekatan behavioristik menggunakan teknik self management dapat merubah perilaku maladatif siswa menjadi perilaku yang adaptif yang dapat diterima onleh lingkungannya, itu berarti konseling behavioristik dengan tekni self management sangat tepat untuk mengatasi siswa kecanduan game online. Berdasarkan penelitian diatas, peneliti menyampaikan saran kepada: 1. Kepala sekolah mendapatkan informasi baru terkait dengan program pelaksanaan layanan BK. 2. Guru Bimbingan dan Konseling dapat memperoleh alternatif pemecahan masalah dengan penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi siswa yang kecanduan game online di sekolah. 3. Bagi wali kelas dapat digunakan sebagai pegangan untuk mengidentifikasi dan memahami siswa yang kecanduan game online serta menambah wawasan tentang faktor-faktor penyebab siswa mengalami kecanduan game online. 4. Bagi siswa yang mengalami masalah kecanduangame online diharapkan dapat lebih memahami keadaan yang ada pada dirinya, dan memahami dampak yang ditimbulkan oleh masalah kecanduan game online tersebut. 5. Bagi peneliti nantinya dalam upaya mengatasi masalah siswa kecanduan game online hendaknya lebih memahami kondisi keadaan siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dialami oleh siswa dan menggunakan berbagai teknik dan metode lebih bervariatif sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Kata Kunci: Kata kunci: Konseling Behavioral, Teknik Self Management, Kecanduan Game Online.  
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 17 Feb 2018 02:08
Last Modified: 17 Feb 2018 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8109

Actions (login required)

View Item View Item