Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Habbit Reversal Prosedur Pada Siswa Kelas X Tb Smk Assa`Idiyah 2 Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016

Lestari, Indah and Hidayati, Richma and Zamroni, Edris (2017) Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Habbit Reversal Prosedur Pada Siswa Kelas X Tb Smk Assa`Idiyah 2 Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of cover ] Microsoft Word (cover )
Cover_OK.doc - Accepted Version

Download (136kB)
[thumbnail of laporan] Microsoft Word (laporan)
LAPORAN_SETELAH_REVIEW.docx - Accepted Version

Download (138kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penlitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi kepercayaan diri yang rendah dari siswa kelas X Tata Busana SMK Assaidiyah 2 Kudus. Hal ini diindikasikan oleh adanya kecenderungan siswa merasa malu dan takut untuk show-up kemampuan yang dimiliki, merasa minder dengan teman dari sekolah lain dan sulit bersosialisasi dengan teman baru di kelas. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang direncanakan dalam 2 siklus. Layanan yang digunakan adalah Bimbingan kelompok dengan teknik Habit Reversal Procedure (HRP) agar terjadi pembiasaan siswa untuk tampil percaya diri dalam suasana yang dinamis dalam pelaksanaan bimbingan kelompok. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMK Assidiyah melalui bimbingan kelompok dengan teknik habit reversal procedures. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya yang dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian yang bimbingan kelompok dengan teknik Habit Reversal Procedure efektif dalam meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Boga SMK Assa`idiyah 2 Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat diterima dan teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan Rata-rata pada pra siklus atau kondisi awal adalah 136,89 atau klasifikasi rendah kemudian meningkat pada siklus pertama berada pada 152,47 atau dalam kondisi cukup sedangkan diakhir siklus kedua berada pada skor 197,00 atau pada kategori tinggi. Artinya terjadi peningkatan sebesar 60,11 poin dari keseluruhan penelitian yang dilakukan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Kata Kunci: Kepercayaan diri, bimbingan kelompok, habit reversal procedure
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:20
Last Modified: 19 Feb 2018 02:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item View Item