Pengaruh Citra Merk Honda Vario terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Luwes Motor Jepara

Hartanto, Budi (2012) Pengaruh Citra Merk Honda Vario terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Luwes Motor Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (149kB)
[thumbnail of Bab.I] PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.II] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.III] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.IV] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.V] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (103kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstrak

Ciri dan daya tarik pada sutu produk dapat dilakukan dengan pemberian merk, dan pemberian merk yang tepat dapat menambah citra/nilai positif suatu produk. Sehingga merk merupakan atribut produk yang sangat penting dan dapat mempengaruhi aktivitas pemasaran dari suatu perusahaan. Dalam persaingan motor metik bermerk Honda Vario, Honda Vario merupakan motor metik berkapasitas 108cc dan dilengkapi radiator selain dilengkapi radiator motor metik ini mempunyai nama besar Honda dengan citra iritnya dan purna jual yang tinggi dibandingkan motor merk lain diharapkan mampu mengambil posisi pesaing motor metik. Dalam permasalahan di atas, maka perumusan masalah yang diambil dalam penelitian : bagaimana tanggapan konsumen terhadap citra merk, Bagaimana tingkat keputusan konsumen terhadap pembelian dan bagaimana pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian Honda Vario yang ditawarkan di Showroom Luwes Motor Jepara. Tujuan penelitian ini : menganalisis tanggapan konsumen terhadap citra merk dan menganalisis tingkat keputusan konsumen dalam membeli dan menganalisis seberapa besar pengaruh Citra Merk terhadap keputusan pembelian Honda Vario di Showroom Luwes Motor Jepara. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah Citra Merk (variabel bebas) dan variabel dependen (Variabel Y) variabel dependen atau terikat (Y) dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (variabel terikat), sedangkan jenis data adalah data primer dan sekunder, populasinya sebanyak 102 konsumen Showroom Luwes Motor Jepara, sampelnya sebanyak 50 responden, dengan uji instrumen validitas dan reliabilitas, pengumpulan datanya menggunakan survei, studi pustaka dan kuesioner, pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan sebagai berikut ini. 1. Tanggapan responden atas Citra Merek pada Showroom Luwes Motor Jepara pada saat ini dikatakan sangat baik yang diambil dari 4 (empat) indikator yaitu recognition, reputation, affinity, loyalty. Dimana Citra Merek merupakan hal yang paling penting dari sebuah produk dan Citra Merek juga digunakan sebagi suatu alat untuk meningkatkan daya saing dengan pesaing, sealain itu juga citra merek digunakan untuk memudahkan konsumen dalam mencari kebutuhannya karna citra merek yang baik akan mudah diingat sehingga konsumen akan terdorong oleh citra merek untuk melakukan pembelian terhadap produk yang dibutuhkannya. Dalam skor total tanggapan respondenpun citra merek mempunyai dorongan yang sangat baik yakni sebesar 79,4% masuk dalam kriteria baik. 2. Tingkat keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario pada pembeli di Showroom Luwes Motor Jepara pada saat ini adalah Tinggi yang diambil dari lima indikator yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian. Dimana dari ke lima indikator tersebut ada dua indikator yang memiliki skor tertinggi yaitu pencarian informasi dan pengevaluasian alternatif, dan nilai skor total tanggapan responden tentang keputusan pembelian yang konsumen lakukan yaitu sebesar 78,69% masuk dalam kriteria tinggi. 3. Citra Merek mempunyai pengaruh yang cukup berarti, positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario di Showroom Luwes Motor Jepara. Besarnya pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 78,8%, sedangkan sisanya 21,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang penulis tidak teliti seperti perikanan, promosi, lokasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I = Drs. M. MASRURI, MM Pembimbing II = DIAN WISMAR’EIN, SE, MM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Teknologi > Kendaraan bermotor. Ilmu penerbangan. Astronautika. > Kendaraan bermotor. Sepeda motor
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:35
Last Modified: 23 Jan 2013 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item