PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SD 2 SAMBUNG

KHIYAROH, NIDAUL (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SD 2 SAMBUNG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
7. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V di SD 2 Sambung Undaan Kudus. Tujuan penelitian ini adalah:1) Menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa; 2) Menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa; 3) Menjelaskan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PKn kelas V SD 2 Sambung Undaan Kudus melalui pembelajaran Problem Based Learning. Pembelajaran Problem Based Learning adalah pembelajaran yang berfokus pada penyajian suatu permasalahan (nyata atau simulasi) kepada siswa, kemudian siswa diminta mencari pemecahannya melalui serangkaian penelitian dan investigasi berdasarkan teori, konsep, prinsip yang dipelajarinya dari berbagai bidang ilmu (multiple perspective). Langkah pembelajarannya terdiri dari: (1) Orientasi siswa pada masalah, (2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) Membimbing Penyelidikan individual maupun kelompok , (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Arikunto yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 14 perempuan. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan , dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Problem Based Learning meningkat disetiap siklus. Persentase ketrampilan guru meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Presentasi aktivitas siswa meningkat dari 79% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal meningkat dari kondisi awal sebelum penelitian24%, siklus I 62% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD 2 Sambung Undaan Kudus dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dapat ditarik simpulan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran PKn ketrampilan guru dapat meningkat, hasil belajar siswa dapat meningkat, dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dan motivasi belajarnya. Guru hendaknya dapat menginovasikan model-model pembelajaran. Sedangkan kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 05 Jun 2018 08:08
Last Modified: 05 Jun 2018 08:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8947

Actions (login required)

View Item View Item