SETIYAWAN, DWI DIDIK (2018) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD 6 GONDANGMANIS BAE KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (624kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (108kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN FIXX.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi dan mendeskripsikan keterampilan guru pada pembelajaran PKn materi Globalisasi dengan menggunakan model Example non example. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. keterampilan guru dalam proses belajar dan mengajar melalui model example non example Example non example merupakan strategi yang lebih menekankan pada proses berpikir secara kritis dalam menganalisis gambar untuk menemukan jawaban dari gambar yang disajikan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 17 siswa kelas IV SD 6 Gondangmanis Bae Kudus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembeajaran siklus I (73,25%), siklus II (84,86%) sehingga model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi kelas IV SD 6 Gondangmanis. Kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 52,94% dengan rata-rata 71,70 meningkat pada siklus I menjadi 70,58% dengan rata-rata 77,05 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,23% dengan rata-rata 82,05. Pengamatan belajar ranah afektif dan psikomotorik siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 68,21% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 80,39% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 6 Gondangmanis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 6 Gondangmanis. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model example non example adalah dengan membangkitkan aktivitas siswa dengan baik agar dapat meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil belajar PKn, model pembelajaran Example Non Example |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:01 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 04:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8956 |
Actions (login required)
View Item |