PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD 1 GETAS PEJATEN KUDUS

ANUGRAHA, SETIA AGUNG (2018) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD 1 GETAS PEJATEN KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Role Playing pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan. Model role playing (bermain peran) adalah suatu model pembelajaran yang dalam pelaksanaanya siswa memerankan sebuah drama dengan penuh imajinasi, ekspresi, dan penghayatan sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari. aktivitas belajar adalah proses pembelajaran harus melibatkan seluruh aspek psikofisis peserta didik, baik jasmani maupun rohani sehingga akselerasi perubahan perilakunya dapat terjadi secara cepat, tepat, mudah, dan benar, baik berkaitan dengan aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SD 1 Getas Pejaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Getas Pejaten Kudus dan dilakukan sebnyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 73% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 86% (Sangat Baik). Hasil aktivitas belajar siswa afektif pada siklus I memperoleh skor rata-rata 72,5% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 82,5% (Sangat Baik). Sedangkan aktivitas siswa psikomotorik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 63% (Baik) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94% (Sangat Baik). Pada tahap prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya 57,9% (Cukup) dengan rata-rata kelas 73, dan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 68% (Baik) dengan rata-rata kelas 75 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89% (Sangat Baik) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81. penggunaan model pembelajaran Role Playing materi peraturan perundang-undangan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 07 Jun 2018 03:28
Last Modified: 07 Jun 2018 03:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item