UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 MAYONG LOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

ULYA, MAKHILATUL (2018) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 MAYONG LOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa melalui model inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas V SD 3 Mayong Lor. Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk mengerti makna dari pokok pengertian abstrak dalam mempelajari masalah, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial. Pemahaman konsep dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri karena siswa diajarkan untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah. Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajar inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas V SD 3 Mayong Lor. Penelitian tindakan kelas ini berpedoman pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen penelitian yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 3 Mayong Lor. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator dalam penelitian ini yaitu (1) tingkat pemahaman konsep siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75,1 dengan persentase 72,7% sedangkan pada siklus II diperoleh hasil nilai rata-rata 79,1 dengan persentase 87,88%. (2) peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 66,7% sedangkan pada siklus II mencapai 76,9%. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar IPS siswa kelas V SD 3 Mayong Lor. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Mayong Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep serta aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Saran dalam penelitian ini adalah guru sebaiknya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif agar dapat menarik perhatian siswa serta siswa hendaknya ikut serta aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.pd.
Kata Kunci: Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar Siswa, Inkuiri, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:19
Last Modified: 08 Jun 2018 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item