PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BERBANTUAN MEDIA PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN 2 DATAR

ARI WIDYASTUTI, MILDA (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BERBANTUAN MEDIA PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN 2 DATAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materiproklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 2 Datar. Model pembelajaran Make A Match merupakan model dengan berpasang-pasangan yang nanti akan ada dua kartu yang akan dibagikan ke dua kelompok yaitu kelompok soal dan kelompok jawaban. Picture dapat didefinisikan sebagai media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas V SDN 2 Datar dengan subjek penelitian 25 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Matchdan media Picture, sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran IPS yang terdiri dari keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil belajar setelah dilaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Make AMatch menunjukkan keterampilan mengajar guru meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 82,39% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terdapat peningkatan dari siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II menjadi 88%. Ranah afektif meningkat dari siklus I sebesar 62% pada siklus II menjadi 80%. Ranah psikomotorik juga meningkat dari siklus I sebesar 64% pada siklus II menjadi 78%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SDN 2 Datar dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make AMatch dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 2 Datar. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Make A Match, Picture, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:10
Last Modified: 04 Jan 2019 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9248

Actions (login required)

View Item View Item