DWI KAMALASARI, ATHI’ (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI DAN TEKA TEKI SILANG MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 JONGSO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (449kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (120kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 1 Jongso dan peningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Jongso dengan penerapan model pembelajaran Make a match berbantu media Gambar ilustrasi dan Teka Teki Silang. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya, yakni, (a) keterampilan dan kebiasaan, (b) pengetahuan dan pengertian, (c) sikap dan cita cita. Model pembelajaran Make a match adalah model pembelajaran yang menggunakan pendekatan cooperative learningyang dilakukan secara berpasangan yang nanti akan ada dua kartu dan akan dibagikan menjadi dua kelompok yaitu kelompok soal dan kelompok jawaban. Gambar ilustrasi dapat disefinisikan sebagai suatu metode yang digunakan seseorang dalam proses pembelajaran yang mencakup segala macam tulisan dan ilustrasi yang digunakanseseorang untuk menyampaikan informasi agar tujuannya dapat tersampaikan dengan benar dan dapat dipahami, sedangkan Teka Teki Silang adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis. Teka Teki Silang biasanya terdiri dari pertanyaan untuk jawaban mendatar dan jawaban menurun. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadinya peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Jongso dengan penerapan model pembelajaran Make a match berbantu media Gambar ilustrasi dan Teka Teki Silang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas V SDN 1 Jongso dengan jumlah siswa 18 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make a match dan media Gambar ilustrasi dan Teka Teki Silang, sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran IPS yang terdiri dari keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditujukan pada siswa kelas V SDN 1 Jongso Sukolilo Pati. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumetasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Make a macth berbantu media Gambar ilustrasi dan Teka Teki Silang pada siklus I 73,25% (baik) dan siklus II 83,12% (sangat baik). Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan pada siklus I 61% (cukup) dan siklus II 77,78% (baik). Hasil belajar ranah afektif juga mengalami peningkatan pada siklus I 65,44% (cukup) dan siklus II 75,50% (baik), dan hasil belajar ranah psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I 67,22% (cukup) dan siklus II 73,33% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N 1 Jongso dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a match berbantu media Gambar ilustrasi dan Teka Teki Silang dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh proklamasi. Saran bagi guru yaitu mempersiapkan materi pembelajaran dengan baik supaya kegitan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Oktavianti, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar IPS, Make a Match, Gambar Ilustrasi dan Teka Teki Silang. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:04 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9262 |
Actions (login required)
View Item |