WIDIASTUTI, HARLINA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD 6 BESITO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (595kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (219kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, karakter siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keutuhan NKRI dengan cara menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Model pembelajaran Mind Mapping adalah pembelajaran sebuah peta konsep atau rute yang mudah diingat dan lebih mudah diandalkan dari pada menggunakan teknik mencatat biasa. Hasil belajar siswa adalah suatu perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn, keterampilan guru dan karakter siswa dengan diterapkannya model Mind Mapping pada kelas V SD 6 Besito dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 6 Besito dengan subjek 22 siswa dan guru, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Mind Mapping sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkat keterampilan guru mengelola pembelajaran kelas pada siklus I ke siklus II dari persentase 69,80% menjadi 77,6%, Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus 2 yaitu 74,54% menjadi 81,81%, pada ranah afektif juga meningkat dari dsiklus I ke siklus 2 yaitu 69,03% menjadi 84,37%, pada ranah psikomotor juga mengalami peningkatan yaitu 62,95% menjadi 80,68%, pada penilaian karakter mengalami peningkatan yaitu 65,22% menjadi 73,40%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 6 Besito dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Mind Mapping dapat meningkat keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan karakter disiplin dan tanggung jawab pada mata pelajaran PKn materi keutuhan NKRI kelas V SD 6 Besito . Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menggunakan model pembelajan yang sesuai dengar karakterisik agar siswa dapat mengikutu pembelajaran dengan baik dan tidak membosankan
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Mind Mpping, Karakter, Hasil Belajar PKn |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:48 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9274 |
Actions (login required)
View Item |