PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 1 LEBUAWU PECANGAAN JEPARA

IZZA AFIDATI, NURI (2018) PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 1 LEBUAWU PECANGAAN JEPARA. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan media permainan domino matematika pada mata pelajaran matematika materi pecahan.Peningkatan pemecahan masalah siswa dapat ditingkatkan melalui model Problem-Based Learning berbantuan media permainan domino matematika. Problem-Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang didalamnya terdapat serangkaian aktivitas pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menekankan pada proses penyelesaian masalah. Permainan domino matematika adalah permainan seperti domino pada umumnya namun dimodifikasi menjadi kartu yang berisi soal dan jawaban yang dapat membantu menimbulkan minat dan kesenangan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Lebuawu Pecangaan Jepara dengan subjek peneliti sebagai guru dan 29 siswa yang berlangsung selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian yaitu keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematis materi pecahan, sedangkan variabel bebasnya yaitu model Problem-Based Learning berbantuan media permainan domino matematika. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal pemecahan masalah matematis siswa pada prasiklus sebesar 44,83% meningkat pada siklus I sebesar 72,41% dan pada siklus II 68,21%.Sedangkan pada aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 72,9% (baik), siklus II meningkat menjadi 81,52% (sangat baik). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh 73,75% (baik), siklus II meningkat menjadi 83,125% (sangat baik). Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Problem-Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 1 Lebuawu Pecangaan Jepara.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Lebuawu dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning berbantuan media permainan domino matematika dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan pemecahan masalah matematis siswapada mata pelajaran matematika materi pecahan. Saran dalam

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M. Pd
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Problem-Based Learning, Media Permainan Domino Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:49
Last Modified: 22 Mar 2019 01:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item