DESY FITRI, ANGGIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 03 BUGEL KEDUNG JEPARA. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (347kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran ; (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match; dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada Tema Indahnya Kebersamaan Muatan IPS Dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku pada diri siswa yang mencakup ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Model Pembelajaran make a match merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan kartu jawaban dan kartu soal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model pembelajaran Make A Match, adapun variabel terikatnya yakni hasil belajar tema Indahnya Kebersamaan Muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar Tema Indahnya Kebersamaan Muatan IPS Dan Bahasa Indonesia yang dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai persentase 66,7% termasuk kategori baik (65-84%) dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 80,6% termasuk kategori baik (65-84%); (2) aktivitas belajar siswa ranah sikap dan keterampilan pada siklus I memperoleh persentase 66,7% termasuk kategori baik (65-84%) dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 86,7% termasuk kategori sangat baik (85-100%); dan (3) persentase ketuntasan klasikal hasil belajar prasiklus 40% dengan rata-rata nilai 74, meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,3% dengan rata-rata nilai 75,3 dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 86,7% dengan rata-rata nilai 80,7. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar Tema Indahnya KebersamaanMuatan IPS dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model pembelajaran Make A Match perlu dilaksanakan pada pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Imaniar Purbasari,S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Muatan IPS dan Bahasa Indonesia , Model Pembelajaran Make A Match. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:58 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9294 |
Actions (login required)
View Item |