PANGASTUTI, FITRI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA TEMA BENDA- BENDA DI SEKITAR KITA KELAS V SD N TOMPOMULYO 02. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (257kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (164kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD N Tompomulyo 02 melalui model pembelajaran Talking Stick.Model pembelajaran Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Siswa yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaranTalking Stick) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema Benda- Benda Di Sekitar Kita siswa kelas V SD Negeri Tompomulyo 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas V SD Negeri Tompomulyo 02 Pati dengan subjek penelitian 36 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stickdan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapat nilai persentase 64,6% dengan kualifikasi cukup. Dan meningkat pada siklus II menjadi 80,9% dengan kualifikasi baik. Aktivitas belajar siswa mendapat nilai persentasi 45% dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 80 % dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I mata pelajaran PPKn mendapat nilai rata-rata 73,3 dan bahasa Indonesia mendapat nilai rata-rata 69,7 dan meningkat pada siklus II mata pelajaran PPKn mendapat nilai rata-rata 80,7 dan bahasa Indonesia mendapat nilai rata-rata 83,8. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N Tompomulyo 02.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Talking Stick,Kartu gambar, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:59 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9295 |
Actions (login required)
View Item |