HARTONO, SUMBER (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PBL BERBATUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Awal halaman Judul-lampiran.pdf - Accepted Version Download (671kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (426kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran 1 - 6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan efektivitas model pembelajaran CTL berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun datar di kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati (2) menjelaskan efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun datar di kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati (3) menganalisis perbedaan efektivitas model pembelajaran CTL dan model PBL terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun datar di kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan model true experiment, dimana SDN Tlogowungu 01 dikenakan model pembelajaran CTL berbatuna multimedia pembelajaran sebagai kelas eksperimen 1, dan SDN Tamansari 02 dikenakan model PBL berbantuan multimedia pembelajaran sebagai kelas eksperimen 2. Guna mengatahui perbedaan pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen pertama (menggunakan model CTL) dan kelas kedua (model pembelajaran PBL), digunakan uji-t dua pihak, dengan taraf significant 5%. Selanjutnya guna mengetahui keefektifan model dan prestasi belajar matematika, menggunakan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Dari penelitian, disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran CTL berbatuan multimedia, efektif membantu dalam pemahaman konsep matematika siswa. (2) Model pembelajaran PBL berbantuan multimedia, efektif membant siswa dalam pemahaman konsep matematika. (3)Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran CTL berbantukan media pembelajaran, dan model pembelajaran PBL berbentuan multimedia pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Efektivitas, Model CTL, Model PBL, Multimedia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:02 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9301 |
Actions (login required)
View Item |