Aulia Mukrimatin, Nor (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERKALIAN PECAHAN DENGAN MODEL RME BERBANTUAN FOLDING PAPER KELAS V SD NEGERI RAU JEPARA. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (572kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (254kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan tes prasiklus menunjukkan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, (2) aktivitas belajar peserta didik, dan (3) kemampuan pemahaman konsep matematika, melalui penerapan model RME berbantuan media folding paper pada materi perkalian pecahan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara dengan subjek penelitian 22 peserta didik dan peneliti yang bertindak sebagai guru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas adalah model RME dan media folding paper. Variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dengan penerapan model RME berbantuan media folding paper pada setiap siklus. Rata-rata skor keterampilan mengajar guru diperoleh pada siklus I sebesar 3.15 dalam kategori baik meningkat ke siklus II sebesar 3.20 dalam kategori baik. Rata-rata skor aktivitas belajar peserta didik pada siklus I diperoleh 2.07 pada kategori cukup baik meningkat pada siklus II sebesar 2.52 dalam katgori baik. Adapun rata-rata persentase kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada siklus I diperoleh 63% dan pada siklus II meningkat sebesar 79% pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada peserta didik kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara berhasil dan meningkat dengan model RME berbantuan media folding paper. Simpulan pada penelitian ini yakni pembelajaran dengan menggunakan model RME berbantuan media folding paper, keterampilan guru dalam mengajar meningkat, aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan. Peneliti memberikan saran kepada guru hendaknya menginovasi pembelajaran dengan berbagai model dan media yang dapat melibatkan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Folding Paper, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Perkalian Pecahan, RME |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:05 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9313 |
Actions (login required)
View Item |