NISWATUZZAHRO, VIVI (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (584kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (309kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil prasiklus dan observasi di kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus rata-rata literasi sains siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media audio visual dan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Unggulan Muslimat NU Kudus semester II tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru model dan siswa kelas V Ibnu Rusydi yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dalam setiap siklusnya terdapat dua pertemuan dan terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah literasi sains. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes literasi sains untuk aspek pengetahuan (kognitif), dan observasi untuk literasi sains aspek sikap (afektif), literasi sains aspek kompetensi (psikomotor) dan keterampilan mengajar guru serta dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siwa kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus pada materi gaya antara siklus I 71,9% dan meningkat pada siklus II 81,6% dengan kategori tinggi. Keterampilan mengajar peneliti sebagai guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media audio visual pada siklus I memperoleh skor rata-rata 80,5% (baik) dan meningkat menjadi 85,4% (sangat baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dan juga dapat meningkatkan keterampilan peneliti sebagai guru dalam mengajar. Disarankan dalam penerapan model discovery learning guru hendaknya memberikan bimbingan yang intensif pada setiap langkah discovery learning untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Fina Fakhriyah, S. P.d., M. Pd |
Kata Kunci: | literasi sains, discovery learning, media audio visual. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:06 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9322 |
Actions (login required)
View Item |